TL601Z – Assignment – Soal Latihan 2 J

Kerjakan 10 soal di bawah ini sesuai dengan pertanyaan yang tertera

A. Jelaskan pengertian dari Short term memory!

Memori jangka pendek, yang disebut juga sebagai memori primer atau working memory menyimpan informasi dalam jangka waktu sementara dengan kapasitas terbatas 7 ± 2 item dalam satu waktu. Memori jangka pendek menyimpan informasi selama 15-30 detik dan akan hilang bila tidak dilakukan pengulangan. Memori jangka pendek berperan penting dalam proses berpikir. Dalam melakukan suatu pemecahan masalah, memori jangka pendek digunakan untuk menyimpan sebagian dari masalah sembari mengakses informasi dari memori jangka panjang yang relevan dengan masalah tersebut sehingga dapat menjadi suatu informasi yang lengkap dalam memecahkan masalah

B. Jelaskan pengertian dialog Manusia-Komputer secara umum!

Pengertian Umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis sedangkan pengertian dalam IMK, Dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.

C. Aturan apa saja yang termasuk ke dalam perancangan dialog?

  1. Pegang teguh konsistensi
  2. Sediakan shortcut bagi pengguna aktif
  3. Sediakan feedback yang informatif
  4. Sediakan error handling yang mudah
  5. Ijinkan pembatalan aksi
  6. Sediakan fasilitas bantuan (help)
  7. Kurangi beban jangka pendek.

D. Sebutkan dan jelaskan karakteristik umum ragam dialog?

  1. Kosistensi: system yang akan mendorong pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada pengguna untuk mengekstrapolasi pengetahuan yang ia miliki untuk memahami perintah yang baru lengkap dengan pilihan yang ada. Konsistensi pengunakan tampilan sehingga user tahu dimana harus meilhat intruksi, pesan error, dan status suatu informasi.
  2. Umpan Balik: Pada ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan.
  3. Observabilitas: system dikatakan mempunyai sifat observabilitas apabila system itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat rumit.
  4. Kontrolabilitas: system yang selalu dalam control user. Dialog yang memiliki sifat ini harus memungkinkan user agar dapat menentukan: Dimana sebelumnya ia berada,dimana sekarang ia berada, kemana ia dapat pergi, apakah pekerjaan yang sudah dilakukan dapat dibatalkan.
  5. Efesiensi: Sebuah system akan menjadi penting, ketika mereka mempengaruhi pada sebuah waktu tanggapan/ untuk memajukan penampilan sebuah system, seringkali perancang plebih memilih untuk memanfaatkan hasil teknologi baru untuk meminimalkan ongkos pengembangan system.
  6. Keseimbangan: Strategi yang diambil dalam perancangan system manusia-komputer haruslah dapat mambagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin

E. Jelaskan penanganan kesalahan dalam validasi pemasukan data!

Validasi masukan, misalnya jika pengguna harus memasukkan bilangan positif, sementara ia memasukkan data negatif atau nol, maka harus ada mekanisme untuk mengulang pemasukan data tersebut.

Proteksi user: program memberi peringatan ketika user melakukan suatu tindakan secara tidak sengaja, mis: penghapusan berkas. Pemulihan dari kesalahan: tersedianya mekanisme untuk membatalkan tindakan yang baru saja dilakukan Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu.

F. Apa saja yang termasuk komponen antarmuka pengguna?

Keluwesan, komplesitas, konsistensi, Observabilitas, umpan balik, kontrolabilita

G. Keuntungan dan kerugian dalam penggunaan Command Language?

Keuntungan:

  1. Bagi auditor, penggunaan CL akan membantu mereka dalam melaksanakan tugas audit secara lebih terfokus, cepat, efisien, efektif, dan murah dengan lingkup yang lebih luas dan analisis mendalam.
  2. membantu mereka dalam menganalisis data dan informasi perusahaan, pengujian pengendalian yang telah ada, dan pembuatan laporan manajemen secara cepat dan fleksibel.
  3. Sumber Daya Manusia/Pemeriksa, IT dan lainya: Dapat melakukan sistem pelaporan yang sesuai dengan keinginan atau laporan yang diinginkan (Independensi) dan dengan Akurasi dan Kwalitas Data yang sangat bagus. Sehingga data pelaporan dapat dipercaya
  4. membantu akuntan dalam melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau pemrosesan data elektronik.
  5. Mudah dalam penggunaan, Built-in audit dan analisis data secara fungsional.
  6. Kemampuan menangani ukuran file yang tidak terbatas.
  7. Kemampuan mengekspor hasil audit, pembuatan Laporan berkualitas tinggi.

Kerugian:

  1. CL adalah aplikasi yang hanya ‘read-only’, CL tidak pernah mengubah data sumber asli sehingga aman untuk menganalisis jenis live-data.
  2. Untuk dapat mendeteksi berbagai kecurangan itu, auditor harus mempunyai pemahaman yang baik atas pengendalian internal yang diterapkan oleh perusahaan beserta kelemahan-kelemahannya. Dengan demikian, auditor dapat mengembangkan profil kecurangan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik data yang diperkirakan memiliki skema kecurangan jenis tertentu.
  3. software CL sangat banyak namun karena biaya yang dikeluarkan sangat besar sehingga masih banyak kantor akuntan yang menggunakan software ini. Hal inilah yang menjadi kendala para auditor dalam menggunakan Teknik Audit Berbantuan Komputer,

H. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam panduan memilih piranti?

  1. Kondisi lingkungan, faktor keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungannya dengan pekerjaan yang lain harus dipertimbangkan saat memilih piranti dalam perancangan sistem informasi
  2. Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan, dan gender
  3. Perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan, dan lingkungan kerja

Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan

I. Cara mengatasi jika terjadi error handling?

  1. Meminimalkan kesalahan user
  2. Interaksi melalui menu lebih dapat menghindarkan user dari kesalahan daripada menggunakan perintah baris.
  3. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah “Press Any Key” menjadi “Press Enter Key” dikarenakan banyak telpon yang menanyakan letak tombol “Any” di keyboard.
  4. Cara mengurangi kesalahan user, misal: seleksi user yang tepat, pelatihan yang memadai, desain peralatan, prosedur dan lingkungan.

Menyediakan kemudahan recovery dari kesalahan.

J. Sebutkan dan jelaskan istilah dalam penglihatan / visual?

  1. Luminans

a. Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek

b. Semakin besar luminans sebuah objek, rincian obejek yang dapat dilihat mata akan semakin bertambah

2. Kontras

a. Selisih antara luminans objek dengan luminans latar belakang

b. Nilai kontras dapat positif atau negatif

c. Nilai kontras negatif akan membuat objek tidak nampak

3. Kecerahaan

a. Tanggapan subjektif pada cahaya

b. Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada kecerahan

4. Sudut dan Ketajaman Penglihatan

a. Sudut penglihatan (visual angle) adalah sudut yang di bentuk antara objek dengan mata

b. Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas

5. Medan Penglihatan adalah sudut yang di bentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh

a. Daerah I, penglihatan binokuler

b. Daerah II, penglihatan monokuler kiri

c. Daerah III, penglihatan monokuler kanan

d. Daerah IV, daerah buta

Views All Time
Views All Time
88
Views Today
Views Today
2

Leave a Reply